Kenapa Saya Beda?

Setiap manusia di muka bumi ini pasti diciptakan dengan cirinya masing-masing. Tidak ada satupun yang diciptakan sama persis oleh Sang Pencipta. Bahkan orang kembar identik pun memiliki ciri masing-masing untuk membedakan satu dengan yang lain. Pembeda yang paling mudah digunakan antar individu pastinya adalah sidik jari. Itu sebabnya surat-surat resmi menggunakan cap sidik jari.

Bicara mengenai beda atau perbedaan itu pastilah sangat luas. Dari yang sederhana yaitu antar individu, sampai yang kompleks seperti perbedaan bangsa. Bukannya mau membuat perbedaan menjadi suatu masalah, melainkan menjadikan perbedaan itu sendiri sebagai alat untuk mempersatukan kita semua. Apa yang diciptakan di dunia ini pasti ada manfaatnya, tergantung dari sisi mana kita menilainya. Nah, perbedaan ini diciptakan untuk membuat kita saling melengkapi, saling menutupi kelemahan, dan yang penting saling mendukung.

Jika ada suatu perpecahan, pertengkaran, konflik, bahkan perperangan jangan pernah salahkan “perbedaan” sebagai pemicunya. Salahkan mengenai kesalahpahaman antara pihak yang bersengketa. Mungkin mereka terlalu menutup mata mereka dengan perbedaan dan kepentingan individual sehingga terjadi perpecahan. Mari  buat kita berbeda dengan “mereka” yang menyalahkan perbedaan. Bukankah perbedaan yang nantinya akan menyatukan kita? Bukankah perbedaan pendapat yang nantinya akan menyatukan semua pendapat untuk kebaikan semua? Mulailah mengubah pola pikir kita tentang perbedaan… Saya beda dengan mereka! Beda dengan mereka yang tidak mengerti indahnya perbedaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kreatif dengan Koran Bekas

Senyum Minggu Lalu

PART 1 : FIRASAT