Taksonomi Peserta Ujian

Setelah mengalami berbagai macam pengalaman menghadapi berbagai ujian dan try out, rasanya para peserta ujian dapat dibedakan dalam beberapa kelompok. Pengelompokan ini telah didasari oleh pengamatan yang mendalam (lebih tepatnya kurang kerjaan) selama mengikuti berbagai ujian dan try out. Tapi pengelompokan ini benar-benar nyata apa adanya.

Kelompok 1
Tipe ini biasanya beranggotakan orang-orang pintar, rajin, tekun, dan kawan-kawannya. Aku sangatlah salut dengan kelompok yang satu ini. Mereka adalah orang-orang yang tahu benar bagaimana menempatkan dan mengendalikan diri mereka di mana pun mereka berada (termasuk saat sedang ujian). Biasanya orang seperti mereka selalu memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Mereka tidak akan meninggalkan ruang ujian sebelum waktu mengerjakan habis. Walaupun sebenarnya mereka sudah selesai mengerjakan jauh sebelum waktu habis, mereka akan meneliti kembali setiap soal dan pekerjaannya. Kalaupun ga bisa mengerjakan, mereka akan terus mencoba, istilahnya "sampai titik darah penghabisan". Tipikal orang yang tidak mudah menyerah. Sangat perfeksionis. Betapa hebatnya mereka ini?? Aku aja heran...*andai aku bisa seperti itu*

Kelompok 2
Tipe peserta ujian yang apa adanya. Tapi jeleknya kadang mereka jadi ga teliti. Tipe ini selalu mengerjakan sesuatu yang emang mereka bisa. Kalo ada soal yang ga bisa trus dicoba tetep ga bisa ya udah mereka pasrah. Intinya tipe ini bukan orang yang "ngoyo" kayak tipe pertama. Terkadang jadi ga teliti gara-gara mereka itu males untuk ngulang pekerjaannya karena merasa sudah yakin dengan jawabannya. Anggotanya adalah orang-orang menengah, dibilang pinter biasa aja, dibilang bodoh juga terlalu pintar. Hahaha....pokoknya gitu lah!

Kelompok 3
Ini nih tipe orang yang gampang bosen. Jadi mereka itu biasanya ngerjain dulu semampunya. Trus kalo udah males dan udah bosen liat soalnya mereka tidur atau mainan sama alat tulisnya. Kadang yang kayak gini tuh berisik lho, hati-hati ya kalo ujian deket orang yang kayak gini tipenya, hahahaha. Pokoknya yang satu ini bener-bener nyantai.

Kelompok 4
Sebenarnya ini tipe yang langka. Contohnya adalah aku, hahahaha. Hampir sama kayak kelompok 2, tapi bedanya kalo mereka sudah merasa yakin dengan semua jawabannya, mereka akan melakukan observasi dengan peserta lainnya sebagai bahannya. Misalnya observasi rata-rata banyaknya soal yang terjawab, atau mengamati tingkah laku peserta ujian lainnya. Tipe yang paling kurang kerjaan sebenarnya, hahaha.

Kelompok 5
Pecontek ulung! Sumpah jaman sekarang cara nyontek macem-macem modelnya, canggih-canggih lagi. Mulai dari yang kerja sama di dalem kelas, saling kasih jawaban ujian, "ngepek" alias liat buku atau liat ringkasan, beli kunci jawaban, nyebarin kunci jawaban, sampe yang paling parah itu pake joki.


Sebagai penulisnya, aku nyaranin jadilah tipe peserta ujian seperti kelompok 1. Semoga berhasil dalam ujian!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kreatif dengan Koran Bekas

Senyum Minggu Lalu

PART 1 : FIRASAT