Balada TransJogja 2

Pulas

Sebelumnya udah pernah bilang nih, kalo TJ beda banget ma bus kota yang biasa. Yang jelas adalah lebih nyaman, ga kebut-kebutan, dan yang jelas ber-AC. Nah, bagi pengguna TJ emang harus hati-hati sama kenyamanan-kenyaman tadi. Jika terbuai, tentunya akan menyebabkan kantuk yang parah. Alhasil, penumpang bisa tak sadarkan diri dan akhirnya tertidur pulas. Bukan masalah tidurnya yang fatal, tapi yang bahaya adalah kalo sampek kelewatan halte tujuan. Aduh...bisa berabe tuh!

Jaim

Pengalaman aja nih. Pelajaran PKn anak SD yang paling aku inget adalah memberikan tempat duduk dalam angkutan umum jika ada yang lebih membutuhkan. Tapi kayaknya ini ga begitu berlaku dikenyataan. Kalo ngasih tempat duduk ke bapak-bapak, kebanyakan pasti menolak. Padahal bapak-bapaknya udah sepuh, jadi ga tega. Yah, mungkin emang wataknya cowok pengen ngerasa tangguh. Tapi kalo kita ngasih tempat duduk ke ibu-ibu kebanyakan pasti pada menerima dengan senang hati.

Peribahasa Indonesia

Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Pasti udah biasa banget denger peribahasa Indonesia yang satu ini. Mungkin, orang asing pada ga kenal sama peribahasa yang kayak gini. Contohnya adalah sepasang bule yang tadi se-TJ sama aku. Mungkin emang adat orang barat yang cuek membuat mereka nyaman-nyaman aja pelukan mesra di depan umum. Sampe-sampe anak SMA depanku ngeledek si bule. Untung tu ngeledeknya bahasa lain, jadi si bule ga kerasa. Hahaha

Jangan Keras-Keras

Hal yang sangat salah dilakukan di dalam TJ adalah berbicara keras. Bukan apa-apa sih sebenarnya. Yang jadi masalah adalah jika yang dibicarakan adalah suatu aib, apalagi aibnya sendiri. Kayak anak SMA belakangku tadi. Entah aku yang terlalu awas (baca: nguping), atau emang anak tadi terlalu keras ngomongnya. Tuh anak ngangkat telpon dan membuka aibnya sendiri kalo dia lagi ga punya pulsa. Jadi inget iklannya Sule. Pengennya tadi refleks bilang "aku ga punya pulsa" dan adegan selanjutnya aku pura-pura pingsan, persis kayak di iklannya. Dan selanjutnya orang berpikir kalo aku adalah korban tren iklan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kreatif dengan Koran Bekas

Senyum Minggu Lalu

PART 1 : FIRASAT