Balada TransJogja

Berbagi kisah suka duka pengguna setia angkutan umum TransJogja. Mengamati dari mulai fasilitas sampai tingkah laku para penumpangnya.


Keliling Jogja Cuma Rp 3000,-

Siapa bilang jaman sekarang semua serba mahal? Mau bukti?
Aku pernah Lho keliling Jogja cuma pake uang Rp 3000,-. Suer!! Gak percaya? Coba aja naek TransJogja. Syaratnya sih cuma satu, kalo turun dari TJ jangan buru-buru turun dari haltenya. Soalnya ntar dihitung bayar lagi.

Akibat Fatal Salah Jurusan


Wah, yang paling parah ya ini. Kalo sampe salah jurusan bakalan menghabiskan waktu. Aku pernah tuh salah jurusan sama Azri. Niatnya mau ke Amplaz (Ambarukmo Plaza). Dari sekolah, aku ma Azri harus jalan kira-kira 300 m buat sampe di haltenya. Jurusannya sih 3A sampe Bandara Adisucipto terus ganti jurusan 1A yang ke arah kota. Fatalnya kita slah naek TJ jurusan 1A yang ke Kalasan. Alhasil, mau ke Amplaz aja harus sampe Prambanan dulu.

Jangan Berisik!


Buat yang biasa naek bus kota biasa, pasti bakal ga terbiasa sama TJ. Selain ga bisa sembarangan berhenti buat angkut penumpang, di TJ suasananya lebih adem ayem. Udah gitu pake AC. Bagi yang sukanya nggosip dan cerita heboh, Tj kayaknya ga cocok buat tipe orang kayak gitu. Kalo naek bus kota, suara kita kalah sama suara mesin omprengannya. Kalo naek TJ (terutama yang sepi) kalo suara kita heboh sedikit, bisa-bisa kita dilihatin orang se-TJ. Aku pernah tu sama Azri sampe ditegur halus sama sebelahku. Hahahaha

Melayat Malah Telat


Satu lagi yang ga enak kalo naek TJ adalah masalah armada yang terbatas, halte yang jaraknya jauh, dan ketepatan waktu yang sangat kurang. Aku ma Listia dulu pernah mau melayat orang. Tempatnya di sekitar Wirosaban. Masalahnya halte satu-satunya yang deket situ cuma halte deket perempatan RS Wirosaban. Rutenya tetep sama, lagi-lagi  kita harus jalan 300 m dari sekolah buat menuju halte TJ terdekat. Habis itu kita harus naek 3A sampe Bandara Adisucipto terus ganti 3B. Masalahnya pas itu jalannya macet. Kira-kira butuh 30 menit buat sampe Bandara. Pas ganti 3B, ternyata rutenya lewat depan sekolah persis. Bayangin aja kalo TJ bisa berhenti di sembarang tempat kayak bus kota. Kita ga usah capek-capek sampe Bandara dulu baru ke Wirosaban yang ngalang banget dari sekolah. Sampek Wirosaban pun kita harus cari alamatnya dulu berhubung kita ga tau persis tempatnya. Apesnya, pas udah sampe tempatnya, ternyata jenazahnya udah dimakamin. Yah, mau gimana lagi? Yang penting niatnya baik kan?

RP 3000,- + Jalan Kaki


Jadi masalah memang, kalo kita ke tempat yang ga strategis naek TJ. Emang tergolong murah membayar Rp 3000,-. Tapi itu pun harus ditambah jalan kaki buat ke tempat-tempat yang tidak strategis dan jauh dari halte. Mungkin bagi orang-orang yang lagi diet cara ini cukup efektif untuk membakar lemak. Tapi bagi kami yang uda kurus kering begini amat sangat menguras tenaga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kreatif dengan Koran Bekas

Senyum Minggu Lalu

PART 1 : FIRASAT